Minggu, 18 September 2011

RESUME ANALISA PERANCANGAN BERORIENTASI OBYEK PERTEMUAN Ke-1

Berorientasi objek adalah paradigma baru dalam rekayasa perangkat lunak yang memandang sistem sebagai kumpulan objek diskrit yang saling bberinteraksi satu sama lain.
Software enginering:
1.Modeling
2.Problem solving
3.Knowledge activity:data, informasi, proses, dokumen.

A.Objek
Pada paradigma berorientasi objek, setiap kali objek mempunyai dua pengenal, yaitu informasi tentang objek itu dan perilaku yang mengaturnya.
contoh: objek kendaraan: mobil, sepeda, becak.

B.OOP Basic Concept
a.Abstraksi yaitu cara paling dasar untuk mengelola kompleksitas. Kompleksitas yaitu Sesuatu yang mudah tapi masih dipahami.
b.Filter yaitu hanya memilih informasi dan proses yang relevan yang akan dibangun.
contoh: pasien dan customer
c.Pengkapsulan yaitu Memisahkan aspek-aspek eksternal objek yang dapat di akses objek-objek lain dari rincian implementasi objek itu sendiri.
Pengkapsulan (encapsulation) merupakan informasi hidding.
Informasi:
o Data
o detil implementasi
o harus dipindahkan ke area private.

4P adalah: 1. Private
2. Protected
3. Package
4. Public

C.Private adalah data yang dapat di akses oleh objek itu sendiri. contoh: admin.

D.Pewarisan adalah sebuah class yang dapat mewariskan sifat-sifatnya ke class turunannya berupa atribut dan operasi.
Contoh: Sepeda motor terdiri atas sepeda dan motor. Jadi, Sepeda motor
mewarisi sifat-sifat dari class sepeda dan motor.
E.Pengiriman Pesan yaitu Objek-objek dalam sistem bekerja sama dengan cara mengirimkan pesan dari satu objek ke objek yang lainnya.
F.Asosiasi, dapat diartikan: is the friend of and is the coworker of.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar