Minggu, 02 Oktober 2011

RESUME ANALISA DAN PERANCANGAN BERORIENTASI OBYEK (PERTEMUAN Ke-4)


DIAGRAM AKTIVITAS
Diagram aktifitas menggambarkan aliran fungsionalitas sistem. Ada dua kegunaan diagram aktivitas dalam pemodelan dengan UML.dua kegunaan tersebut adalah :
1.      Pada tahap pemodelan bisnis, diagram aktivitas dapat digunakan untuk menunjukkan alur kerja bisnis (Business Workflow).
2.      Pada tahap pemodelan bisnis, diagram aktivitas dapat digunakan untuk menjelaskan aktivitas yang terjadi di dalam sebuah use case.
Elemen-elemen utama yang digunakan dalam diagram aktivitas adalah sebagai berikut :
a.       Swimlanes, menunjukkan siapa yang bertanggung jawab melakukan aktivitas dalam suatu diagram. Symbol Swimlanes digambarkan seperti lintasan di kolam renang.
b.      Aktivitas, adalah kegiatan dalam alur kerja (Workflow). Merupakan inti dari diagram ini. Aktivitas dinyatakan dengan menggunakan symbol Oval.
c.       Entitas bisnis, adalah entitas-entitas yang digunakan dalam alur kerja. Entitas bisnis digambarkan dengan menggunakan symbol persegi panjang atau kotak.
d.      Transisi, menunjikkan bagaimana alur kerja itu berjalan dari satu aktivitas ke aktivitas lainnya. Transisi dinyatakan dengan symbol anak panah yang mentransisikandari satu aktivitas ke aktivitas lainnya.
e.       Titik keputusan, menunjukkan di situ sebuah keputusan perlu dibuat dalam alur kerja. Titik keputusan dinyatakan dengan simbol wajik.
f.        Sinkronisasi, menunjukkan dua atau lebih langkah dalam alur kerja berjalan secara serentak. Dua atau lebih aktivitas yang dijalankan secara serentak menggunakan simbol sinkronisasi.
g.       Keadaan awal (Start state), menunjukkan di situ alur kerja dimulai. Pada satu diagram aktivitas hanya mampu mempunyai satu start state. Simbol start state menggunakan simbol  lingkaran kecil dengan bagian dalam bulat terisi warna.
h.      Keadaan akhir (End State), menunjukkan di situ alur kerja berakhir.sebaliknya, dalam satu diagram aktivitas bisa mempunyai beberapa end state. Diagram aktivitas ini mirip dengan sebuah fungsi atau sebuah metode yang hanya mempunyai satu pintu masuk tetapi bisa mempunya beberapa pintu keluar. Simbol end state dinyatakan dengan notasi lingkaran kecil seperti mata sapi.

Contoh Diagram Aktivitas (Activity Diagram)
Pada gambar berikut ini menunjukkan sebuah contoh sederhana dari aktivitas peminjaman buku perpustakaan
Diagram aktivitas untuk  aktivitas peminjaman buku perpustakaan, sebagai berikut:

Contoh salah satu Elemen-elemen utama yang digunakan dalam diagram aktivitas
Gambar berikut menunjukkan sebuah contoh sederhana dari elemen Swimlane. Pada aktivitas peminjaman buku perpustakaan ini akan menunjukkan siapa yang bertanggung jawab melakukan aktivitas dalam suatu diagram
Diagram aktivitas untuk  aktivitas peminjaman buku perpustakaan, sebagai berikut:


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar